WELCOME TO MY BLOG

Senin, 14 November 2011

Digital Television

Pada kesempatan kali ini saya akan meberikan sebuah deskripsi tentang "DIGITAL TELEVISION", tepatnya Tema yang akan saya jabarkan adalah tentang "APPLE TV"

APPLE TV


       Apple TV adalah perangkat digital media receiver yang diproduksi dan dijual oleh Apple Inc. Perangkat ini merupakan sebuah komputer yang berjenissmall form factor (SFF) yang ditujukan untuk menjalankan data digital yang berasal dari iTunes, Youtube, Netflix, Flickr dan MobileMe.
       Selain itu, Apple TV juga dapat menjalankan data dari komputer dengan sistem operasi mac os x atau windows melalui software iTunes. Apple TV ditampilkan melalui enhanced-definition atau high-definition wide screen television.
        Apple memperkenalkan produk ini pada September 2006. Apple TV mulai dipasarkan pada Maret 2007. Generasi pertama yang dipasarkan dilengkapi dengan hard disk 40 GB. Dua bulan kemudian, Apple TV dipasarkan dengan versi hard disk 160 Gb. Pada saat versi 160 GB ini dipasarkan, Apple TV versi 40 Gb tidak lagi diproduksi.





        Pada September 2010, Steve Jobs mengumumkan generasi kedua Apple TV. Ukuran Apple TV generasi kedua hanya seperempat dari generasi sebelumnya. Selain itu, harganya hanya sepertiga dari harga Apple TV generasi pertama. Apple TV generasi kedua dapat menjalankan data serupa dengan generasi sebelumnya, namun dikenakan biaya sewa. Apple TV generasi kedua diproduksi dengan 8 GB flash memory.

Sejarah Apple TV

        Apple TV pertama kalo dikenal sebagai pengembangan produk Apple Inc, yaitu iTV, pada saat konferensi pers di \San Fransisco, California pada 12 September 2006. CEO Apple Inc, Steve Jobs mengoperasikan alat ini menggunakan Apple Remote. Pengamat industri kemudian menggambarkan Apple TV sebagai Mac Mini yang kecil. Kemudian, Steve Jobs mengumumkan bahwa Apple akan mulai menerima pre-orders Apple TV pada 9 Januari 2007, bertepatan dengan Macworld Conference and Expo.
       Apple TV mulai dipasarkan pada 21 Maret 2007. Apple mengeluarkan Apple TV versi 160 GB pada 31 May 2007, sekaligus sebagai penanda berhentinya produksi Apple TV versi 40 GB, tepatnya pada 14 September 2009.
       Di dalam majalah Macworld edisi 15 Januari 2008, Steve Jobs mengumumkan perubahan besar bagi Apple TV. Terjadi peningkatan software yang mengoperasikan Apple TV. Apple TV dapat berjalan menjadi perangkat mandiri tanpa harus dilengkapi dengan komputer (Windows atau Mac OS X) yang menjalankan iTunes. Steve jobs mengatakan,“Apple TV was designed to be an accessory for iTunes and your computer. It was not people wanted. We learned what people wanted was movies, movies, movies.”" Peningkatan ini memungkinkan pengguna Apple TV menyewa dan membeli lagu atau film langsung dari iTunes. Selain itu, podcast dan photo-streaming dapat dilakukan menggunakan MobileMe dan Flickr.

Fitur Apple TV

         Apple TV memungkinkan pengguna menggunakan HDTV untuk melihat foto, memutar musik, dan melihat video yang berasal dari Internet Media Service atau Local Network.


1) Internet Media
Melalui Internet Media, pengguna dapat melakukan:
  • Pengguna dapat mengakses iTunes langsung menggunakan Apple TV untuk menyewa film atau TV shows dan audio serta video podcasts. Perbedaan pada generasi pertama dan kedua Apple TV, generasi pertama dapat membeli konten dan menyimpan dalam hard disk. Sementara itu, Apple TV generasi kedua hanya dilengkapi dengan flash memory, maka pengguna hanya bisa menyewa. Alternatif lain, pengguna dapat membeli konten melalui internet, menyimpannya dalam komputer, lalu menjalankan konten tadi melalui Apple TV. Hingga pertengahan Maret 2009, Apple TV merupakan satu-satunya cara untuk mendapatkan konten HD iTunes.
  • Apple TV dapat menampilkan foto dari Flickr dan MobileMe dalam bentuk slide show. Foto di dalam slide show otomatis ditampilkan menggunakan transisi cross-dissolve, atau Ken Burns effect sebagai pilihan.
  • Apple TV telah terintegrasi dengan Netflix dan dapat melakukan streaming, sejak revisi pada September 2010.
  • Apple TV dapat menampilkan video YouTube secara langsung, selama terkoneksi ke internet. Untuk menyaksikan video di YouTube, tidak diperlukan akun YouTube.


        Apple TV juga dilengkapi dengan parental controls, yang memungkinkan pengguna membatasi akses ke konten-konten tertentu di internet media. Apple TV membagi konten internet media menjadi 4 kategori: “Internet Photos”, “YouTube”, “Podcasts”, dan “Purchase and Rental”.
        Setiap kategori ini dilengkapi dengan parental control, yaitu: “Show”, “Hide”, atau “Ask” 4 digit kode yang telah diatur sebelumnya. Selain itu, film, TV shows, musik, dan podcasts dapat dibatasi melalui rating.


2) Local Sources
       Apple TV dapat melakukan synchronization atau menampilkan foto, musik, serta video dari komputer yang menjalankan program iTunes.
Dengan Apple TV, pengguna dapat:
  • Menyambungkan ke komputer dan menjadikan Apple TV sebagai home media library.
  • Menyediakan koneksi langsung ke photo organizer software seperti iPhoto.
  • Menjalankan Internet radio.
       Untuk pengguna yang ingin menyambungkan Apple TV ke komputer, tersedia mode synchronization serta streaming.
       Dalam mode synchronization, Apple TV bekerja layaknya iPod (untuk synchronization audio). Apple TV diselaraskan secara keseluruhan dengan library dalam iTunes pada sebuah komputer, atau hanya sebagian konten di dalam komputer saja.
       Setelah melakukan synchronization, Apple TV harus tetap tersambung dengan internet atau jaringan lokal yang dibuat.
       Untuk synchronization foto, Apple TV dapat diselaraskan dengan software iPhotoApertureAdobe Photoshop AlbumPhotosop Elements, atau juga dari folder di dalam hard disk komputer dengan sistem operasi Mac atau Windows.
       Apple TV dapat melakukan streaming konten hingga ke lebih dari 5 komputer atau iTunes libraries. Bahkan, 5 Apple TV dapat dihubungkan di dalam 1 iTunes library yang sama.


3) Konektivitas

      Apple TV dapat dihubungkan ke layar monitor melalui video output HDMI. Versi pertama Apple TV memiliki output component video, sementara versi yang kedua tidak dilengkapi output ini. Pihak yang mengamati perkembangan Apple TV mengatakan bahwa Apple Inc sedang menuju masa depan dengan menggunakan konektivitas HDMI. Di masa depan, semua orang diasumsikan memiliki televisi dengan koneksi HDMI.
       Apple TV dapat terhubung ke internet maupun local network melalui ethernet atau wifi. Apple TV juga dilengkapi dengan Micro-USB port, tapi hanya sebatas untuk melakukan perbaikan dan diagnosa jika ada masalah pada Apple TV.
Video Apple Tv






sumber : ID.WIKIPEDIA.ORG
kelompok 1



0 komentar: