WELCOME TO MY BLOG

Minggu, 30 September 2012

Desain Permodelan Grafis


Kata Pengantar

Alhamdulillah, atas rahmat allah swt yang dilimpahkan kepada saya sehingga saya dapat menyelesaikan tugas pertama softskill saya yang berjudul "Desain Pemodelan Grafik".

Dalam tugas ini saya membahas apa itu desain permodelan grafik, untuk apa desain permodelan grafik itu di ciptakan dan masih banyak lagi.

Didalam menyelesaikan makalah ini kurang lebih sedikit mendapatkan penjelasan dari Bapak dosen softskill yaitu Bapak saputra ayoda.

Saya menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, namun demikian telah memberikan banyak manfaat bagi saya. Akhir kata saya berharap makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Kritik dan saran yang membangun akan saya terima dengan senang hati.

Depok,30 september 2012

 

 

  

 

BAB I

PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Desain Pemodelan Grafis atau Desain Grafis, tentunya sudah sangat familiar ditelinga kita, namun sebenarny secara harfiah, apakah definisi dari Desain Grafis ini??, sebelum melangkah lebih lanjut, ada baiknya jika kita bahas tentang Definisi dari Desain Grafis ini. Didalam desain permodelan grafis terdapat berbagai macam macam masalah dibidang ilmu pengetahuan seperti pringsip didalam desain permodelan grafis itu sendiri yaitu Unsur dalam desain grafis sama seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur tersebut (termasuk shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna) membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual. Prinsip-prinsip tersebut, seperti keseimbangan (balance), ritme (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi (”proportion”) dan kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas.

 

B.     Rumusan Masalah

Masalah yang akan dibahas didalam makalah ini adalah

1.      Bagaimana cara membuat desain permodelan grafis

2.      Apa saja dari kategori desain permodelan grafis tersebut

C.     Tujuan Penelitian

Tujuan yang akan dibahas didalam makalah ini adalah mengetahui tentang  :

1.      Pengertian tentang desain permodelan grafis

2.      Perkembangan desain permodelan grafis di berbagai media

3.      Pengaruh desain permodelan grafis di bidang kebudayaan dan     teknologi

4.     Mengetahui dan emahami Apa saja kategori dari permodelan grafis tersebut

                              5.       kegiatan yang berkaitan dengan grafik komputer yang sehubungan dengan DSP

 

 

BAB II

METODOLOGI PENELITIAN

A.Teknik Pengumpulan Data

Dalam penulisan makalah ini , untuk mendapatkan data dan informasi yang diperlukan saya menggunakan metode studi pustaka. Metode tersebut mengumpulkan informasi mengenai desain permodelan grafis di media internet dengan melakukan pendekatan penyimpulan terhadap suatu artikel dalam internet tersebut.

 

BAB III

PEMBAHASAN

A.    Mengidintifikasi Masalah Tulisan

Setelah mendapatkan topik dan judul yang diberikan dosen saya, hal selanjutnya yang akan dilakukan adalah merumuskan pernyataan masalah dan penelitian. Rumusan masalah ini dibuat dalam bentuk pertanyaan dan menggambarkan hubungan antara variabel yang akan diteliti. Pertanyaan-pertanyaan dirumuskan secara tertulis. Oleh karena itu perlu diperhatikan penggunaan bahasa yang baik agar tidak terjadi salah tafsir.

B.     Pembahasan Dalam Rumusan Masalah

·      Bagaimana cara membuat desain permodelan grafis?

pemodelan bisa dikatakan sebagai suatu cara untuk membentuk,membuat dan mendesain suatu benda – benda atau objek sehingga terlihat hidup. Kesemuanya ini dikerjakan dengan computer,dengan cara memperlihatkan benda tersebut secara 3 dimensi atau yang biasa dikenal sebagai pemodelan (3D modeling). untuk mendapatkan kualitas yang baik dari model obyek tadi, ada beberapa aspek yang harus kita jadikan pertimbangkan antara lain motede pembuatan data, tujuan dari model, kemudahan memanipulasi objek, tingkat kerumitannya, perhitungan biaya dan kesesuaian atau kenyamanan. langkah – langkah pembuatan pemodelan sendiri terdiri dari Motion Capture Model 2D, Dasar metode Modeling 3D, Proses Rendering Texturing, Image dan Display.

·      Apa saja dari kategori desain permodelan grafis tersebut

  • Grafis Komputer 2DGrafik komputer 2D  adalah pembuatan objek gambar yang masih berbasis gambar dengan perspektif 2 titik sebagai contoh adalah:gambar teks,bangun 2D seperti segitiga,lingkaran dsb. Grafik komputer 2D kebanyakan digunakan pada aplikasi yang digunakan hanya untuk mencetak dan menggambar seperti tipografi, gambar, kartun,iklan, poster dll.
  • Pixel ArtPixel art adalah sebuah bentuk seni digital, yang diciptakan melalui penggunaan perangkat lunak grafik raster di mana gambar akan diedit pada tingkat pixel.  Pixel art dapat ditemukan pada komputer atau game-game yang relatif tua, dan juga dapat ditemukan pada telepon genggam.
  • Vector graphicsBerbeda dengan pixel, grafik vektor merupakan representasi dari gambar dengan berupa array pixel. Dimana keunggulannya adalah pada resolusi berapapun dan tingkat pembesaran apapun gambar yang dihasilkan tetap(tidak blur atau pecah)
  • Grafik Komputer 3DGrafik komputer 3D merupakan suatu grafis yang menggunakan 3 titik perspektif dengan cara matematis dalam melihat suatu objek, dimana gambar tersebut dapat dilihat secara menyeluruh dan nyata. Untuk perangkat-perangkat lunak yang digunakan untuk grafik komputer 3D ini banyak bergantung pada aloritma-algoritma.
  • Animasi KomputerAnimasi Komputer adalah seni membuat gambar bergerak melalui komputer.  Biasanya ini digunakan pada film-film animasi berbudget besar. Tetapi film-film non animasi juga banyak yang menggunakan teknik ini, sebut saja Lord Of  The Ring, Harry Potter, dsb.


    C.     
    Pembahasan Tentang Tujuan Penelitian

  • Pengertian tentang desain permodelan grafis
adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan kepada sang desainer (perancang) untuk memilih, menciptakan, atau mengatur elemen rupa seperti ilustrasi, foto, tulisan, dan garis di atas suatu permukaan dengan tujuan untuk diproduksi dan dikomunikasikan sebagai sebuah pesan.
Gambar maupun tanda yang digunakan bisa berupa tipografi atau media lainnya,seperti gambar atau fotografi.Desain grafis didefinisakan sebagai aplikasi dari keterampilan seni dan komunikasi untuk kebutuhan bisnis dan industri”. Aplikasi – aplikasi ini dapdat meliputi periklanan, packaging, perfilman dan penjualan produk, menciptakan identitas visual untuk insitusi, produk perusahaan, lingkungan grafis, desain informasi, dan secara visual menyempurnakan pesan dalam publikasi.
  • Perkembangan desain grafis di berbagai media
Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan teks dan atau
gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan. Seni desain grafis mencakup kemampuan
kognitif dan keterampilan termasuk tipografi, pengolahan gambar, danpage layout.
Desainer grafis menata tampilan huruf dan ruang komposisi untuk menciptakan sebuah
rancangan yang efektif dan komunikatif. Desain grafis melingkupi segala bidang yang
membutuhkan penerjemahan bahasa verbal menjadi perancangan secara visual terhadap teks
dan gambar pada berbagai media publikasi guna menyampaikan pesan-pesan kepada komunikan seefektif mungkin.
Desain grafis diterapkan dalam desain komunikasi dan fine art. Seperti jenis komunikasi lainnya,desain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan (mendesain) atau pun produk yang dihasilkan(desain/rancangan). Desain grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku,majalah, dan brosur. Sebagai tambahan, sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterap kandalam media elektronik – yang sering kali disebut sebagai “desain interaktif” (interactive design), atau “desain multimedia” (multimedia design’)
  • Pengaruh kebudayaan dan teknologi dalam membuat desain pemodelan grafis
Terdapat pengaruh kebudayaan dan teknologi pada berkembangnya suatu desain pemodelan grafis. Budaya akan digunakan sebagai sumber pemikiran untuk mengambangkan suatu desain grafis.Banyak budaya kita yang menarik digunakan sebagai desain grafis,sebaagai contohnya adalah kerajinan kain daerah.
Kerajinan kain daerah merupakan warisan nenek moyang kita yang sangat indah untuk di jadikan sebagai sumber pikiran dalam membuat desain grafis, contohnya adalah batik dan songket. Sedangkan teknologi juga memiliki andil yang cukup besar untuk perkembangan desain grafis. Dengan semakin majunya teknologi maka semakin mudah kita untuk menciptakan karya desain grafis dengan waktu yang singkat kita dapat menghasilkan banyak desin grafis sehingga lebih efisien.
  • Mengetahui dan emahami Apa saja kategori dari permodelan grafis tersebut

  1. Grafis Komputer 2DGrafik komputer 2D  adalah pembuatan objek gambar yang masih berbasis gambar dengan perspektif 2 titik sebagai contoh adalah:gambar teks,bangun 2D seperti segitiga,lingkaran dsb. Grafik komputer 2D kebanyakan digunakan pada aplikasi yang digunakan hanya untuk mencetak dan menggambar seperti tipografi, gambar, kartun,iklan, poster dll.

  1. Pixel ArtPixel art adalah sebuah bentuk seni digital, yang diciptakan melalui penggunaan perangkat lunak grafik raster di mana gambar akan diedit pada tingkat pixel.  Pixel art dapat ditemukan pada komputer atau game-game yang relatif tua, dan juga dapat ditemukan pada telepon genggam.
  1. Vector graphicsBerbeda dengan pixel, grafik vektor merupakan representasi dari gambar dengan berupa array pixel. Dimana keunggulannya adalah pada resolusi berapapun dan tingkat pembesaran apapun gambar yang dihasilkan tetap(tidak blur atau pecah)
  1. Grafik Komputer 3DGrafik komputer 3D merupakan suatu grafis yang menggunakan 3 titik perspektif dengan cara matematis dalam melihat suatu objek, dimana gambar tersebut dapat dilihat secara menyeluruh dan nyata. Untuk perangkat-perangkat lunak yang digunakan untuk grafik komputer 3D ini banyak bergantung pada aloritma-algoritma.
  1. Animasi KomputerAnimasi Komputer adalah seni membuat gambar bergerak melalui komputer.  Biasanya ini digunakan pada film-film animasi berbudget besar. Tetapi film-film non animasi juga banyak yang menggunakan teknik ini, sebut saja Lord Of  The Ring, Harry Potter, dsb.

  •  Kegiatan yang berkaitan dengan grafik komputer yang sehubungan dengan DSP1.Pemodelan geometris : menciptakan model matematika dari objek-objek 2D dan 3D.2.Rendering : memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk.3.Animasi : Menetapkan/menampilkan kembali tingkah laku/behaviour objek bergantung waktu.

KESIMPULAN

Jadi dalam Desain Permodelan Grafis ini adalah wadah untuk mempermudah kita melakukan sebuah pekerjaan yang memungkinkan suatu objek itu untuk di desain secara visual, guna mempermudah dan memperindah suatu objek tersebut. Objek tersebut terlihat dalam bentuk 3D , dalam bentuk inilah akan terlihat seperti nyata.


SARAN

Untuk memahami seuatu desain  permodelan grafis,ada baiknya kita lebih memahami kategori- kategori dari desain permodelan grafis tersebut. Dan ditekankan untuk mempelajari apa itu desain permodelan grafis. Terimakasih.

SUMBER

Google.co.id

neuroindonesian.blogspot.com

Wikipedia.com

0 komentar: