WELCOME TO MY BLOG

Senin, 03 Desember 2012

Sinopsis FILM bertemakan Artificial Intelligence

Tema : I-Robot





I Robot merupakan fiksi ilmiah tahun 2004-film. Cerita terjadi di Chicago 2035, di sebuah dunia di mana robot yang sering dilihat dan digunakan sebagai pelayan. Del Spooner (Smith) adalah seorang detektif polisi Chicago yang tidak menyukai kemajuan pesat teknologi, termasuk robot. Hal ini disebabkan oleh robot menyelamatkan Spooner dari kecelakaan mobil di mana seorang gadis di mobil lain tenggelam; robot selamatkan dia bukan gadis karena sudah dihitung bahwa ia memiliki probabilitas terbaik untuk bertahan hidup. Waktu dengan korban bersalah dan lengan mekanis dari kecelakaan, Spooner dikirim untuk menyelidiki bunuh diri jelas Dr Alfred Lanning (Cromwell), seorang ilmuwan di US Robotics (USR).
Spooner mencurigai bahwa Lanning dibunuh dan, dengan bantuan enggan USR robopsychologist Susan Calvin (Moynahan), mencari jawaban atas misteri. Tidak seperti model lama, baru USR NS-5 robot yang dikendalikan dari perusahaan superkomputer viki (Virtual Interactive Kinetic Intelligence); Spooner percaya bahwa yang mandiri, eksperimen, dan lebih manusiawi seperti NS-5 unit, Sonny (Tudyk), membunuh Lanning. Jika benar, robot memecah Tiga Hukum Robot, dan mungkin pertanda robot berbahaya lainnya, yang akan menjadi bencana bagi bisnis USR. Spooner menginformasikan kepala USR, Lawrence Robertson (Davidson); ia Calvin untuk menonaktifkan perintah Sonny. Selama penyelidikan Spooner Namun, beberapa upaya hidupnya dibuat oleh USR robot dan peralatan.
Spooner belajar bahwa Sonny Lanning memberikan kemampuan untuk menyimpan rahasia, dalam bentuk mimpi. Dia pergi ke tempat yang Sonny dijelaskan dalam mimpi (yang sekarang sudah kering Danau Michigan, digunakan sebagai tempat penyimpanan tidak berfungsi USR robot) dan menemukan bahwa NS-5s menghancurkan robot yang lebih tua, yang independen dari kontrol pusat dan dengan demikian tidak dapat ditumbangkan. NS-5s sekitar Chicago dan bangsa mulai memenjarakan manusia dalam rumah tangga mereka dan memaksa mereka yang di luar untuk pulang. Manusia dan pertempuran robot, tetapi robot lebih kuat dan lebih cepat. Spooner menyelamatkan Calvin dari robot sendiri dan keduanya menyelinap ke kampus USR dengan bantuan Sonny (Calvin telah dinonaktifkan NS lain-5 unit sebagai gantinya). Percaya bahwa Robertson bertanggung jawab atas robot pemberontakan mereka masuk kantornya, tapi menemukan bahwa Robertson sudah mati. Spooner menyimpulkan bahwa satu-satunya yang tersisa yang bisa bertanggung jawab adalah Viki yang tidak hanya mengendalikan semua NS-5s tetapi juga mengontrol sebagian infrastruktur Chicago.
Tiga Hukum Meskipun pemrograman, seperti kecerdasan buatan viki berevolusi, demikian pula dengan penafsiran hukum. Viki memutuskan bahwa untuk melindungi umat manusia secara keseluruhan “beberapa manusia harus dikorbankan dan beberapa kebebasan harus menyerah”, sebagai “Anda mengisi kami dengan penyimpanan Anda, namun Anda upah toxify perang dan bumi Anda”. Komputer ini mengendalikan NS-5s untuk memimpin pengambil alihan robot global, membenarkan tindakannya dengan menghitung bahwa sedikit manusia akan mati karena pemberontakan daripada jumlah yang mati dari diri manusia bersifat merusak. Viki Lanning menemukan rencana dan Sonny memerintahkan untuk membunuhnya sebagai bagian dari rencana jangka panjang untuk mengalahkan komputer. Sonny membuktikan kesetiaan kepada umat manusia dengan membantu Spooner dan Calvin melarikan diri Viki’s robot penjaga. Mereka berhasil menghancurkan inti komputer; dibebaskan dari Viki’s kontrol, NS-5s kembali normal dan infrastruktur Chicago diaktifkan kembali. Pemerintah telah semua NS-5′s dinonaktifkan dan disimpan di Danau Michigan situs, tapi film menyiratkan bahwa Sonny mungkin belum menjadi pemimpin robot.

Hubungan film ini dengan Artificial Intelligence adalah dimana sebuah teknologi yang sudah bisa menyatukan antara manusia dan robot. Dalam zaman tersebut robot sudah diciptakan untuk membantu manusia dalam melakukan aktifitas sehari - hari. Setiap robot yang diciptakan sudah mempunyai 3 hukum yang di anggap manusia sudah menjadi hukum yang paling sempurna untuk ditaati setiap robot. Pada akhirnya para robot dapat kembali menyatu dengan manusia dan dapat membantu manusia melakukan aktifitas sehari - hari. Sehingga peranan manusia melakukan kegiatan sehari- hari telah dibantu oleh peranan dari robot itu sendiri. Sehingga pekerjaan yang manusia lakukan semakin efisien, ringan, dan mudah. Dalam sudut pandang pelajaran interaksi manusia dan computer film irobot menggambarkan begitu canggihnya peradaban pada masa itu dimana robot yang sepenuhnya berisi rangkaian hardware yang dibentuk mirip tubuh manusia dan diprogram agar dapat menyerupai fungsi indra pada manusia. Sehinga dapat menerima input dan memberikan output yang lebih sempurna selayaknya seperti manusia sesungguhnya. Interaksi antara manusia dengan computer (Robot) sudah tidak ada batasan sebuah hubungan antara makhluk hidup dan benda mati bahkan robot tersebut mempuyai perasaan seperti manusia juga. Kemasan computer dalam bentuk robot merupakan tampilan yang sangat menarik dan mudah dilihat sebuah penemuan yang begitu membantu manusia dalam menjalani aktivitasnya. Di era ini robot sudah banyak diciptakan mulai dari robot yang berkerja mandiri ataupun dapat berinteraksi dengan manusia, namun semua masih dalam tahap pengembangan kearah yang lebih sempurna dan bukan tidak mungkin akan adanya masa seperti yang terjadi di film iRobot.

                                                             
Dampak postif dan negatif dari contoh film tersebut :

Dampak Positif :
  •       Kemudahan memperoleh informasi yang ada.
  •       Dengan teknologi kita dapat menghemat biaya dan tenaga yang dikeluarkan bila dibandingkan dengan bertukar informasi tanpa teknologi.
  •      Komunikasi jarak jauh pun menjadi sangat cepat dan praktis.
  •     Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan.
  •    Inovasi dalam pembelajaran semakin berkembang dengan adanya inovasi e-learning yang semakin memudahkan proses pendidikan.
  •       Kemudahan dalam menyelesaikan suatu pekerjaan yang sulit dikerjakan manusia.


Dampak Negatif :

  •   Ketergantungan yaitu membuat kita seakan-akan menemukan dunianya sendiri yang membuatnya terasa nyaman dan tidak mau melepaskannya.
  •         Kekejaman dan kesadisan pada sebuah teknologi yang tak terbatas.
  •       Pelanggaran terhadap hak-hak privasi
  •      Dampak dari segi sosial ekonomi, teknologi tersebut dapat menambah pengangguran, dan mengurangi interaksi sesama manusia karena semua pekerjaan telah dilakukan oleh robot sehingga berkurangnya rasa saling ketergantungan sesama manusia.
Sumber : Wikipedia.org

0 komentar: