WELCOME TO MY BLOG

Kamis, 24 Januari 2013

Tutorial Membuat Globe Menggunakan Blender


Tutorial ini adalah cara  membuat sebuah “Globe” menggunakan Blender 3D.
Dalam pembuatan globe ini menggunakan uv saphere. Pertama add- mesh- kemudian uv saphere. Kemudian ubah segment dan ringsnya sebagai berikut :



Kemudian ubah uv saphere tersebut dengan mode smooth. Kemudian ubah window menjadi split seperti berikut :



Kemudian ubah pengaturan window sebelah kanan dengan mengubah ke metode uv/image editor sehingga menjadi seperti berikut ini :



Lalu untuk windows sebelah kiri ubah mode menjadi uv editing seperti berikut ini :


Kemudian open image, dan masukan gambar peta yang telah kita simpan di drive yang telah ditentukan, sehingga menjadi seperti gambar berikut:


Kemudian untuk sebelah kiri ubah menjadi edit mode. Kemudian pada windows kiri klik mesh -> uv unwrap -> saphere projection. Maka akan seperti tampilan berikut :


Kemudian sebelah kiri ubah method menjadi texture, dan limited selection kita visible. Lalu untuk windwos sebelah kanan kita scale bentuk seperti jarring tersebut. Disitu berguna untuk mengambil bagian dari gambar tersebut yang akan di tampilkan pada uv saphere tersebut. Bentuk mesh tersebut menutupi permukaan gambar peta tersebut. Seperti gambar berikut :


Kemudian ubah ke objek mode di bagian windows kiri, sehingga membentuk tampilan seperti ini :



Kemudian permasalahan selanjuta bagian bawah dari glober tersebut gelap karena belum ditambahkan lamp. Maka selanjutkan kita ke mode default. Kemudian drag window menjadi satu window lagi. Untuk memberi cahaya disetiap sisi globe tersebut maka kita ke view -> toggle quad view. Dan kemudian kita beri lampu disetiap sisi globe tersebut sehingga tidak terdapat daerah yang gelap seperti tampilan berikut :


Kemudian ubah kembali ke window tunggal, tinggal ke view -> toggle quad view. Sehingga tidak ada lagi bagian yang gelap karena telah dipasang lampu dimasing- masing bagian globe tersebut seperti gambar berikut :


Lalu selanjutnya dibagian kanan terdapat properties, lalu ubah nama pada bagian object menjadi earth, material menjadi earth, dan texture menjadi earth. Dibagian texture ubah cloud menjadi image or movie. Kemudian ke tab both, disamping new kemudian kli gambar dan load gambar peta yang telah kita gunakan tadi. Seperti berikut ini :

Dan pada mapping di coordinatnya diubah menjadi uv. Untuk mebuat pijakan atau tangkai dari globe tersebut saya mencoba menggunakan selective objek kurang memuaskan karena material dari gambar peta tersebut mengikuti penambahan objek tersebut. Maka saya menggunakan cylinder. Maka hasil akhir akan ditampilkan sebagai berikut :



Dan hasil di rendring sebagai berikut :


Tutorial dan Percobaan Sendiri.

0 komentar: