WELCOME TO MY BLOG

Sabtu, 26 Januari 2013

Tutorial Sederhana Animasi Bendera Bergerak Pada Blender 3D


saya akan memberikan tutorial sederhana membuat animasi pada bendera merah putih dan sebuah objek angin dimana apabila blender di play maka bendera tersebut akan bergerak seperti ditiup angin. Pertama - tama membuat bendera. maka tampilan blender awal terdapat 1 kubus, 1 camera dan 1 lampu. Maka kita hapus kubus tersebut kemudian tekan shift + A kemudian Plane. Berikut adalah tampilannya :

Kemudian rotate menggunakan R + X dan untuk memanjangkan objek gunakan kombinasi tombol S + Y seperti gambar berikut  :



Kemudian ke edit mode, dan CTRL + R dan scrool agar memberikan garis selection yang banyak sesuai pilihan secara vertical dan horizontal seperti berikut :



Kemudian gunaka selection “Face select” menggunakan tombol B/C dan blok antara pertengahan kedua bidang tersebut, seperti berikut :



Kemudian kita kebagian kanan dan ke settingan material dan gunakan warna merah untuk material 1. Dan kita gunakan material 2 warna putih dan klik assign maka warna atas akan menjadi putih dan bawah akan menjadi merah. Seperti berikut :






Setelah kita rotate :



Kemudian kita melakukan seleksi simpul menggunakan vertex select dimana kita seleksi pada 3 titik diantaranya titik paling atas, tengah dan bawah. Tujuan dari ini adalah agar bendera ini tidak akann terbang tertiup angin apabila blendernya diplay. Maka hanya tetap berkibar apabila di klik setting titik tersebut. Maka kita kebagian kanan kemudian pilih tab Object data, lalu vertex grup dang anti nama grup menjadi Ikat1 dan kemudian Assign seperti berikut :




Kemudian ke objek mode dan kita akan menambahkan angin maka gunakan kombinasai tombol Shift + A à Force field dan kemudian pilih wind. Kemudian rotate sehingga posisi panah kuning kearah bendera, yang menunjukan bahwa arah mata angin tersebut, seperti berikut :




Klik kanan pada object wind. Kemudian kita setting ke bagian kanan dibagian tab Physics, ubah Strength ke 1000, dan Noise 10 seperti berikut:



Kemudian kita select pada bendera dan setting dibagian kanan dan pilih cloth, yang berfungsi agar objek yang kita gunakan atau display maka akan berubah teksture dan kelenturannya seperti baju. Centang pada pinning dan pilih ikat 1 tadi, seperti berikut :


Kemudian buat objek tiang menggunakan cylinder dan gunakan settingan S + Y, S + X, dan S+ Z untuk mengubah tiang seperti berikut :


Kemudian kita join menggunakan CTRL + J dan kemudian ke edit mode dan select tiang dan simpul/face yang terdekat dengan tiang tersebut, seperti tampilan berikut :

Kemudian ke setting sebelah kanan dan ke plane kemudian vertex grupnya kit tambahin Ikat2 dan kemudian assign, bertujuan agar pada saat ditiup angin maka objek tidak melayang. Seperti berikut :



Kemudian kita select pada bendera dan setting dibagian kanan dan pilih cloth,. Centang pada pinning dan ubah ikat 1 tadi ke ikat 2, seperti berikut :


Setelah diplay maka tiang akan berdiri kokoh, sedangkan benderanya akan bertiup angin, seperti berikut :



Kemudian kita membuat penopangnya menggunakan uv saphere, dan kita pipihkan menggunakan kombinasi tombol S + Z dan scale sesuai ukuran tiang dan bendera sebelumnya. Kemudian kita join. Agar semua objek kokoh saat ditiup angin maka kita harus membuat vertex grup baru yang diedit mode kita select  face pada penopang,tiang dan simpul paling dekat dengan tiang pada bendera tersebut. Kemudian kita ke plane dan buat vertex grup baru dan ubah nama menjadi ikat selanjutnya dan jangan lupa di assign, seperti berikut :


Kemudian kita select pada bendera dan setting dibagian kanan dan pilih cloth,. Centang pada pinning dan ubahikat sebelumnya menjadi ikat 4, seperti berikut :


Kemudian hasil akhir ketika di play maka akan menghasilkan tiupan angin  ke bendera seperti berikut :


0 komentar: