WELCOME TO MY BLOG

Selasa, 18 Juni 2013

Tugas Softskill Tentang Game (Prolog Game) (Tic Tac Toe 9 x 9)

Tic tac toe merupakan suatu permainan antara player dengan Ai yang bertujuan membentuk suatu susunan X atau O secara diagonal vertical maupun horizontal yang dimulai secara acak. Disini saya menggunakan papan kotak yang berdimensi 9 x 9 dengan jumlah masing masing kotak- kotak kecil 81 kotak , dimana terdapat  9 baris dan 9  kolom. Dalam permainan ini ada dua objek yang akan bermain yaitu komputer yang berperan sebagai AI dan tentunya player atau pemain. Dengan warna symbol yang telah ditentukan oleh pembuat game. Player atau pemain menggunakan symbol X dengan warna merah dan komputer atau AI menggunakan symbol O dengan warna biru yang ditengahnya berwarna putih.

                 Backgroud yang saya gunakan adalah sebuah foto dengan ukuran 650x650 pixel berwana hijau. Garis keseluruhan kotak saya menggunakan line warna biru. Apabila player mengklik tombol close maka akan command “Yakin akan keluar”. Bila player memilih NO maka permainan akan dilanjutkan, sedangkan player memilih YES maka permainan akan berakhir dan keluar.

            Game ini dapat mengasah otak player atau pemainnya karena pemain dipaksa untuk berfikir dan menerapkan strategi yang tepat untuk memenangkan permainan ini, sedangkan computer sendiri berperan sebagai lawan dari user.
Didalam game ini terdapat menu yang ada dibagian atas pada kotak permainan yaitu antara lain :
1.      New Games    : bertujuan untuk memulai permainan atau dapat juga untuk memulai kembali permainan.
2.      Cara Bermain  : Bertujuan Untuk memberikan guide atau aturan cara bermain tic tac toe tersebut.
3.      Tentang Game : Merupakan memberikan informasi tentang editor dan pengembang game ini.

Berikut adalah tampilan awal tic tac toe 9 x 9 tersebut :




      I.            Rules (Aturan)
Dalam setiap permainan pasti punya peraturan masing – masing. Maka dalam permainan Tic tac toe 9x9 ini juga ada peraturannya, yaitu sebagai berikut :

1.      Player atau pemain diberi kesempatan untuk jalan atau memulai permainan ini terlebih dahulu dengan diberi kebebasan untuk menentukan letak symbol X pada papan permainan.
2.      Komputer atau AI akan mulai setelah pemain atau user memulai permainan terlebih dahulu.
3.      Komputer atau AI akan menutup setiap jalan pemain atau user mencapai tujuan atau goal kemenangan.
4.      User atau pemain juga harus mencegah komputer atau AI untuk menang dalam permainan.
5.      Pemain atau user maupun komputer atau AI harus membentuk satu garis lurus (Horizontal, Vertikal, atau diagonal) untuk dapat memenangkan permainan ini.

1.      Kondisi menang
Kondisi ini terjadi bila Player atau pemain mampu membuat lebih dahulu satu garis lurus yang terdiri dari 9 buah symbol X secara Horizontal, Vertikal ataupun Diagonal sebelum komputer atau AI membuat garis lurus lebih dahulu.

Gambar kondisi menang :




2.      Kondisi kalah
Kondisi ini terjadi bilamana computer atau AI dapat membuat satu garis yang terdiri dari 9 buah symbol O secara Horizontal, Vertikal, maupun Diagonal terlebih dahulu.
                                                                                                      
Gambar kondisi kalah :



3.      Kondisi seri
          Kondisi ini terjadi bilamana semua kotak telah terisi tetapi belum ada yang mampu membuat satu garis dengan 9 buah symbol sebara horizontal, vertical, maupun diagonal.

Gambar Kondisi seri :



    Konsep AI
AI (Artificial Intelligence) adalah salah satu bagian ilmu komputer yang membuat agar mesin/komputer dapat melakukan pekerjaan seperti layaknya dan sebaik yang dilakukan oleh manusia. Permainan ini berbasis Artificial Intelligience (kecerdasan buatan). Pada permainan tic tac toe, kecerdasan buatan yang terkandung di dalamnya adalah AI yang dibuat untuk menjadi lawan user.
            Jenis algoritma yang diterapkan dalam permainan tic tac toe adalah Algoritma Minimax. Algoritma Minimax merupakan algoritma yang digunakan untuk menentukan pilihan agar memperkecil  kemungkinan kehilangan nilai maksimal. Algoritma ini diterapkan dalam permainan yang melibatkan dua pemain dan permainan yang menggunakan strategi atau logika. Dalam masalah ini, permainan-permainan tersebut dapat dijelaskan sebagai suatu rangkaian beraturan.
            Algoritma minimax merupakan basis dari semua permainan berbasis AI. Algoritma ini akan melakukan pengecekan pada seluruh kemungkinan yang ada sampai akhir permainan dilakukan. Pengecekan tersebut akan menghasilkan pohon permainan yang berisi semua kemungkinan tersebut. Algoritma Minimax merupakan algoritma dasar pencarian DFS (Depth-First Search) untuk melakukan traversal dalam pohon (tree).  DFS akan mengeksekusi simpul paling dalam terlebih dahulu.
            Algoritma Minimax pada tic tac toediterapkan oleh AI untuk dapat menentukan langkah apa yang sebaiknya diambil, agar langkah yang diambil tersebut bertujuan untuk membuat AI memenangkan permainan ini atau minimal membuat skor pemain menjadi sama.


Ditest dan diuji coba sendiri
sumber :




0 komentar: