WELCOME TO MY BLOG

Senin, 14 April 2014

JENIS KOMPUTASI MODERN



v Mobile computing


Mobile computing atau Komputasi Mobile adalah sistem komputasi yang dapat dengan mudah dipindahkan secara fisik dan kemampuan komputasi yang dapat digunakan ketika mereka sedang dipindahkan.

ü Contoh mobile computing device : Laptop, Personal Digital Assistant (PDA), ponsel, dll

Mobile computing atau komputasi bergerak memiliki beberapa penjelasan, salah satunya komputasi bergerak merupakan kemajuan teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel dan mudah dibawa atau berpindah tempat, tetapi berbeda dengan komputasi nirkabel.

ü Contoh tool yang digunakan : Java ME, Symbian, Android, iPhone, PalmOS, dll

Ada beberapa hal yang sistem komputasi mobile dapat melakukan apa yang tidak dapat dilakukan oleh sistem komputasi yang statis. Mobile computing device tidak selalu harus terhubung dengan jaringan telekomunikasi. Kalkulator, HP, laptop, netbook bisa dikategorikan sebagai perangkat mobile computing.
Mobile application contohnya:
ü Kendaraan (untuk pemantauan dan koordinasi, GPS)
ü Peralatan Emergensi (akses dunia luar)
ü Akses web dalam keadaan bergerak
ü Location aware service
ü Information service
ü Disconnected operations
ü Entertainment (network game groups)
 
 ------------------------------------------------------------------------------------------------


v Grid computing

Grid Computing atau Komputasi Grid merupakan salah satu dari tipe Komputasi Paralel, yaitu penggunaan sumber daya yang melibatkan banyak komputer terpisah secara geografis namun tersambung via jalur komunikasi (termasuk Internet) untuk memecahkan persoalan komputasi skala besar. Semakin cepat jalur komunikasi terbuka, maka peluang untuk menggabungkan kinerja komputasi dari sumber-sumber komputasi yang terpisah menjadi semakin meningkat. Dengan demikian, skala komputasi terdistribusi dapat ditingkatkan secara geografis lebih jauh lagi, melintasi batas-batas domain administrasi yang ada.

Berikut ini ada beberapa konsep dasar dari Komputasi Grid, yaitu :
ü Sumber daya dikelola dan dikendalikan secara lokal.
ü Sumber daya berbeda dapat mempunyai kebijakan dan mekanisme berbeda, mencakup Sumber daya komputasi dikelola oleh sistem batch berbeda, Sistem storage berbeda pada node berbeda, Kebijakan berbeda dipercayakan kepada user yang sama pada sumber daya berbeda pada Grid.
ü Sifat alami dinamis: Sumber daya dan pengguna dapat sering berubah.
ü Lingkungan kolaboratif bagi e-community (komunitas elektronik, di internet).
 
 ------------------------------------------------------------------------------------------------


v Cloud Computing

Komputasi cloud merupakan gaya komputasi yang terukur dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet. Komputasi cloud menggambarkan pelengkap baru, konsumsi dan layanan IT berbasis model dalam internet, dan biasanya melibatkan ketentuan dari keterukuran dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet.
Komputasi cloud menggambarkan pelengkap baru, konsumsi dan layanan IT berbasis model dalam internet, dan biasanya melibatkan ketentuan dari keterukuran dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet.

Contoh aplikasi dengan sistem berbasis cloud computing yang sering digunakan yaitu Hotmail, Yahoo!Mail atau Gmail. Untuk melihat email, kita bisa melakukannya di mana saja, yang penting ada internet dan browser. Software dan data kita tidak tersimpan di komputer yang kita pakai melainkan terletak di cloud server.

0 komentar: